Melihat Krishna dalam Ciptaan-Nya

 

Melihat Krishna dalam Ciptaan-Nya



Menjadi mutlak, Krishna dan ciptaan-Nya dalam arti yang identik. Dengan demikian, aspek-aspek yang kuat dari ciptaan adalah tampilan parsial dari energi dan kemewahan ilahi-Nya.

Dalam Bhagavad-gita, Arjuna bertanya kepada Krishna bagaimana Dia bisa dilihat. Krishna menjawab dengan menunjuk berbagai hal yang menonjol dalam ciptaan-Nya. Dengan mendengar tanggapan Krishna dan mengingat-Nya dalam cara-cara yang Dia gariskan, kita dapat terus-menerus memikirkan-Nya. Meditasi pemurnian ini membuat kita memenuhi syarat untuk kembali kepada-Nya.

Krishna berkata bahwa kemewahan-Nya tidak terbatas dan dengan demikian kita dapat melihat-Nya di mana-mana, dari hukum alam semesta yang agung hingga kuncup bunga. Berikut adalah contoh dari banyak cara yang Dia sarankan agar kita dapat merasakan kehadiran-Nya:

  1. Aku adalah rasa air
  2. Aku adalah cahaya matahari dan bulan
  3. Saya adalah kesadaran makhluk hidup
  4. Dari badan air aku adalah lautan
  5. Dari pengorbanan saya adalah pengucapan nama-nama suci
  6. Dari hal-hal yang tak tergoyahkan akulah Himalaya
  7. Dari senjata akulah petirnya

Dengan wawasan filosofis, kita bahkan dapat melihat Tuhan dalam hal-hal buruk yang tampaknya terjadi pada kita. Dengan konstitusi, jiwa kita dapat sepenuhnya puas dan bahagia hanya ketika kita bersatu dengan Krishna. Dia mengirimkan kesengsaraan dunia ini sehingga kita akan menyadari bahwa kita tidak pantas berada di sini. Dan kitab suci dan perwakilan-Nya membantu kita untuk melihat penderitaan kita di sini sebagai belas kasihan Tuhan kepada kita.

"Aku adalah sumber dari semua dunia spiritual dan material. Segalanya berasal dari-Ku. Orang bijak yang mengetahui hal ini dengan sempurna melakukan bhakti kepada-Ku dan menyembah-Ku dengan sepenuh hati." –Sri Krishna, Bhagavad-gita 10.8

LihatTutupKomentar