Apakah Jamur diperbolehkan Pada Masakan Vegetarian Hare Krishna?

 

Apakah Jamur diperbolehkan Pada Masakan Vegetarian Hare Krishna?


Apakah Jamur diperbolehkan Pada Masakan Vegetarian Hare Krishna?

Judul asli

Blog: Jamur atau tidak ada jamur?
oleh Kurma dasa


Saya tidak pernah mempublikasikan blog tentang jamur, tetapi saya selalu ditanya tentang jamur. Karena pola makan Hare Krishna tampaknya hampir identik dengan banyak pola makan vegetarian Buddhis klasik di mana jamur banyak digunakan, orang biasanya beranggapan bahwa jamur dapat diterima.

shroomsDan mengapa tidak ada resep jamur di buku saya? Pasalnya, dalam tradisi kuliner kuno bhakti -yoga yang saya langgani, jamur tidak dimasak. Dapur kuil Wisnu, Kresna , atau Rama (Waisnawa) tidak akan pernah menyiapkannya. Mereka dianggap makanan yang tidak layak untuk disiapkan dalam persembahan makanan suci karena sifat jamurnya.

Ya, mereka bergizi, dan ya, beberapa pemuja Hare Krishna kadang-kadang akan memakannya. Saya memakannya sesekali. Pertukaran berikut, awalnya tentang ragi, akan menjelaskan beberapa hal:

T: Saya ingin tahu tentang beberapa resep Anda. Beberapa dari mereka memiliki ragi di dalamnya. Saya bertanya-tanya apakah ini dapat diterima untuk dipersembahkan kepada Krishna. Saya pikir ragi adalah organisme hidup, sama seperti jamur. Mohon maafkan ketidaktahuan saya dan bantu saya memahami ini.

A: Terima kasih atas surat Anda. Ragi bukanlah bahan tradisional dalam masakan Waisnawa , namun kami menyiapkan dan mempersembahkan kepada Krishna hal-hal yang difermentasi seperti khamir poori, dosa, idli, jalebis dll. Semuanya difermentasi secara alami, dengan bantuan ragi yang terbawa udara.

Ya, ragi bisa dibandingkan dengan jamur. Namun, tidak dilarang secara khusus oleh pendiri kami Srila Prabhupada (seperti daging, ikan, telur, bawang putih, bawang merah, alkohol). Ketika dia pertama kali tiba dari India, Prabhupada mencicipi roti yang terbuat dari ragi barat, tetapi dia mengatakan dia menemukan roti itu kering dan tidak berasa, dan lebih suka chapatis tidak beraginya yang panas dan baru dimasak.

Prabhupada tidak makan jamur, dan menyarankan agar kami (murid-muridnya) tidak. Kebanyakan penyembah Hare Krishna tidak pernah menyentuh mereka, meskipun beberapa melakukannya. Saya telah melihat pemuja di Rusia memetiknya dari hutan dan memasaknya. Jadi mengapa area abu-abu ini tampak jelas?

 

 



Berikut pertukaran surat baru-baru ini tentang jamur:

lebih banyak shroomsMalati devi: "Dan, bagaimana dengan jamur? Kami tidak mempersembahkannya kepada Dewa (kuil). Namun, di Prancis, di Nouvelle Mayapur Chateau (mungkin Kanti akan mengingat ini), mereka menemukan jenis jamur mahal yang sangat eksotis yang dikenal. sebagai truffle di properti, dan para pemujanya bertanya-tanya tentang itu. "

Kanti devi: "Ya, saya ingat itu, karena saya mulai membuat krim sup jamur untuk para peminatnya. Kami punya pizza jamur, nasi jamur , pakoras jamur , banyak sekali jamur. Ada seorang pemuja Prancis yang membawa peti penuh itu dia mengumpulkan di hutan.

Secara alami para penyembah (Bhagawan dasa secara khusus) bertanya kepada Srila Prabhupada sebelum kami melakukan apapun dengan mereka. Jamur itu adalah 'cèpes', (bukan truffle) jamur besar yang tumbuh di hutan, dan kami memiliki ribuan jamur. Srila Prabhupada berkata bahwa ' Sri Chaitanya makan jamur ketika dia bepergian di Hutan Jarikhanda, dan kami juga bisa'. Kami tidak memiliki Dewa Radha Krishna pada saat itu, kami memiliki altar Pancha Tattva dan Srila Prabhupada berkata bahwa mereka dapat dipersembahkan kepada (di atas altar untuk bentuk dewa suci) Pancha Tatva, jadi kami memasak dan mempersembahkannya. "lebih banyak shroomsIni (contoh di atas) adalah keadaan tertentu. Prabhupada ingin agar para juru masak di Prancis tidak menyia-nyiakannya. Tapi umumnya, juru masak kuil Hare Krishna tidak menggunakan jamur; tetapi seperti yang Anda lihat dalam kasus ini, mereka tidak secara khusus dilarang seperti, katakanlah, bawang bombay dan semua anggota keluarga allium lainnya. Jika Kanti devi telah mengantarkan peti bawang merah yang dipetik dari ladang, misalnya, dia tidak akan menyiapkannya di dapur candi. Jadi ada perbedaannya.

Yamuna Devi, dalam seluruh koleksi buku masaknya, telah menyediakan satu atau dua resep yang mengandung jamur. Saya hanya punya satu resep yang tidak diterbitkan yang mengandung jamur. Kalau tidak, saya hampir tidak menyentuh mereka. Bagaimanapun, mereka adalah jamur, dan tidak membantu meningkatkan kesadaran seperti yang dilakukan makanan ' sattvic '. Oleh karena itu mereka umumnya termasuk dalam kategori makanan ' tamasik ' (makanan yang disentuh oleh sifat kebodohan yang lebih rendah).

Inilah satu pertukaran terakhir yang ingin saya bagikan dengan Anda:

T: Bukankah menyedihkan bahwa dengan semua kelaparan di dunia orang-orang memperdebatkan apakah dengan makan jamur (bergizi) itu mungkin atau tidak mungkin menempatkan manusia ke dalam sifat kebodohan yang lebih rendah?

J: Menurut saya, ini adalah dua masalah yang berbeda. Pembicaraan jamur ini adalah diskusi internal kami, tetapi saya baru saja memutuskan untuk membagikannya dengan siapa pun yang lewat di ruang cyber. Jika kita memilih untuk tidak makan jamur, maka akan ada lebih banyak jamur yang bergizi untuk dibagikan kepada semua orang yang kelaparan itu. Dan omong-omong,  Hare Krishnas adalah distributor makanan vegetarian murah / gratis yang paling produktif dan murah hati di dunia.

 

 http:// www.krishna.com/blog-mushrooms-or-no-mushrooms

LihatTutupKomentar