Tidak Ada Dorongan untuk Bergabung

 

Krishna Hindu

Tidak Ada Dorongan untuk Bergabung 

oleh Nagaraja Dasa

Saya sering berpakaian dengan cara yang mengidentifikasi saya, setidaknya di Barat, sebagai penyembah Tuhan Krishna. Tetapi ketika saya ditanya, "Apakah Anda seorang Hindu ?" Saya tidak pernah siap untuk menjawab dengan tegas "Ya!"

Mengapa demikian? Sebagai anggota gerakan Hare Krishna, saya, seperti umat Hindu, menerima literatur Veda sebagai sumber pengetahuan terbaik, terutama pengetahuan spiritual. Dan saya adalah murid Srila Prabhupada, yang memberikan hidupnya untuk menyebarkan ajaran Bhagavad-gita, “kitab suci Hindu”. Jadi mengapa saya tidak nyaman dengan label "Hindu"?

Anda akan menemukan satu alasan penting jika Anda mencari "Hinduisme" di sejumlah buku referensi: tujuan Hindu biasanya dinyatakan sebagai "menyatu dengan Yang Esa."

Nah, itu bukan tujuan saya. Saya marah ketika saya mendengarnya, seperti halnya Waisnawa yang bercita-cita tinggi. Prabodhananda Sarasvati, seorang pemuja besar di garis kita, berkata bahwa baginya, bergabung dengan Tuhan akan lebih buruk daripada hidup di neraka. Mengapa? Karena di neraka dia bisa melayani Krishna dengan mengingat-Nya, menyebut nama-Nya, dan sebagainya. Pelayanan kepada Krishna adalah hidup penyembah; Pikiran kehilangan layanan itu tak tertahankan.

Pertimbangkan penyembah Krishna yang terbesar, para gadis penggembala sapi di Vrindavana. Mereka begitu terpikat melihat Krishna sehingga mereka ingin mengutuk Brahma, sang pencipta, karena membuat mata berkedip. Mereka tidak tahan kehilangan pandangan Krishna bahkan untuk sesaat. Bergabung dengan Krishna? Tidak pernah.

Beberapa pengikut Veda berpendapat bahwa semua pengabdian kepada Krishna ini, betapapun intensnya, bersifat sementara, sarana untuk tujuan yang sebenarnya, yaitu bergabung. Klaim umum adalah bahwa bhakti adalah salah satu dari banyak jalan. Terimalah bhakti jika Anda suka, tetapi penggabungan adalah tujuan akhir.

Tetapi dalam Bhagavad-gita (15.7) Krishna berkata bahwa kita para jiva, jiwa-jiwa kecil, selamanya adalah bagian-bagian-Nya (amsha). Sebelumnya, di ayat 2.12, Dia mengatakan bahwa Dia, Arjuna, dan semua prajurit di medan perang ada sebagai individu di masa lalu, sekarang, dan masa depan.

Suatu ketika, ketika Srila Prabhupada sedang berbicara dengan seorang laki-laki di India Selatan yang mengikuti jalan bhakti untuk mencapai “keesaan,” Prabhupada dengan tegas mengulangi kalimat dari Bhagavad-gita (9.14): nitya- yukta upasate— “terlibat dalam ibadah-Ku selamanya. " Penyembah Tuhan yang sejati tidak pernah menyerah menyembah Dia.

Berbagai argumen dikemukakan untuk mendukung gagasan bahwa bhakti harus diakhiri dengan penggabungan. Yang paling tercela bagi para penyembah adalah pernyataan bahwa seseorang harus bergabung dengan yang tidak dapat diketahui di luar Krishna karena Krishna adalah produk dari energi material. Tentu saja, jika Krishna adalah bagian dari dunia material, maka tidak diragukan lagi memiliki hubungan yang kekal dengan-Nya. Pada akhirnya, Kresna tidak nyata, dan hubungan apa pun dengan-Nya hanyalah ilusi.

Krishna dengan tegas membantah gagasan ini di banyak tempat di Gita, mungkin terutama di ayat 7.6: "Tidak ada kebenaran yang lebih tinggi dari Aku." Sekali lagi, di 10.8, Dia berkata, "Aku adalah sumber dari semua dunia material dan spiritual."

Sesuai dengan mood para pendahulu spiritualnya, Srila Prabhupada menyajikan makna langsung dari kata-kata Krishna, tanpa interpretasi. Terlepas dari apa yang mungkin dikatakan ensiklopedia Anda, Prabhupada — dengan “kitab suci Hindu” di tangan - terbangun di hati orang-orang bukan keinginan untuk bergabung, tetapi pengabdian abadi kepada Tuhan Krishna

 

Sumber Web Asli:

http:// krishna.com/no-urge-merge

LihatTutupKomentar