Agama versus Sanatan-dharma

Agama" versus Sanatan-dharma. Ada perbedaan besar di antara keduanya. oleh Shrikumar Poddar

Seseorang pernah bertanya kepada saya, "Apakah Anda seorang Hindu ?"

I: Apakah Anda punya waktu?

Dia: Mengapa Anda bertanya?

Saya: Jika Anda sedang terburu-buru saya akan mengatakan saya seorang Hindu. Tetapi jika Anda punya waktu, maka saya akan mengatakan bahwa saya bukan seorang Hindu.

Dia: Anda mencoba membingungkan saya.

I: Anda lihat, teman saya, tidak ada agama yang disebut agama Hindu. Tapi apa yang diyakini oleh mayoritas orang India disebut Hindu oleh orang-orang dari agama lain. Kenyataannya, kami di India tidak memiliki konsep agama apa pun. Tidak ada kata dalam kosa kata kita untuk agama.

Dia: Lalu apa yang kamu yakini?

I: Kami percaya pada konsep dharma. Dharma mengacu pada prinsip-prinsip yang menjunjung tinggi alam semesta dan karenanya berlaku untuk semua orang. Prinsip-prinsip itu sama untuk semua orang, tanpa memandang agama atau keyakinan. Mereka ada baik kita telah menemukannya atau tidak. Misalnya, gravitasi sudah ada sebelum Newton menemukannya.

Asas-asas tertinggi disebut sanatana, atau “kekal,” karena itu akan ada selamanya, bahkan jika kita melupakannya. Jadi sanatana-dharma mengacu pada prinsip-prinsip abadi yang menjunjung tinggi alam semesta.

Dia: Silakan lanjutkan dan jelaskan semuanya dengan jelas.

I: Anda lihat, kami berdua percaya pada Tuhan. Yang kami maksud dengan Tuhan adalah orang yang mahatahu, mahakuasa, mahahadir. Tidak ada tempat di mana Tuhan tidak ada. Tuhan ada dalam segala hal. Dia menembus setiap sel tubuh Anda dan sel saya. Dia hadir di setiap atom di alam semesta. Jadi hakikat segala sesuatu adalah ilahi. Anda dan saya adalah bagian dari Yang Ilahi.

Dia: Apa yang Anda katakan sangat masuk akal bagi saya.

I: Anda lihat, kita semua adalah ilahi, tetapi masih ada perbedaan besar antara kita dan inkarnasi ilahi seperti Rama dan Krishna. Apa bedanya?

Dia: Saya tidak yakin.

I: Jawabannya cukup sederhana. Inkarnasi Ilahi sangat agung, jadi Mereka sadar akan keilahian Mereka setiap saat, sedangkan Anda dan saya selamanya kecil, jadi kita melupakan kodrat ilahi kita. Kami menganggap diri kami sebagai tubuh material daripada sebagai bagian dari Yang Ilahi.

Kehidupan kita di bumi ini dimaksudkan untuk mengembangkan pengetahuan tentang sifat sejati kita dengan upaya sadar menuju kesempurnaan.

Dia: Apakah Anda percaya pada keselamatan?

I: Ya. Kita menyebutnya konsep nirwana, atau pembebasan dari siklus kelahiran, kematian, dan kelahiran kembali. Jiwa individu dilahirkan berulang-ulang selama ribuan atau jutaan kehidupan sampai mencapai nirwana.

Dia: Jutaan masa hidup?

I: Sobat, kita dapat mencapai pembebasan seketika dalam kehidupan ini jika kita dapat mengembangkan penguasaan atas diri kita sendiri. Tetapi untuk ini kita harus melepaskan semua keinginan kita dan mengabdi kepada Sri Krsna tanpa mengharapkan balasan.

Dia: Anda telah memberi saya banyak hal untuk dipikirkan.

 

 http://krishna.com/religion-versus-sanatan-dharma

LihatTutupKomentar