"Agama" versus Sanatana-dharma

Sanatana dharma

"Agama" versus Sanatana-dharma
Ada perbedaan besar di antara keduanya.
oleh Shrikumar Poddar


Seseorang pernah bertanya kepada saya, "Apakah Anda seorang Hindu?"

I: Apakah Anda punya waktu?

Dia: Mengapa kamu bertanya?

I: Jika Anda terburu-buru, saya akan mengatakan saya seorang Hindu. Tetapi jika Anda punya waktu, maka saya akan mengatakan saya bukan seorang Hindu.

Dia: Anda mencoba membingungkan saya.

I: Begini, sobat, tidak ada agama yang disebut agama Hindu. Tetapi apa yang diyakini mayoritas orang India disebut Hindu oleh orang-orang dari agama lain. Pada kenyataannya, kita di India tidak memiliki konsep agama apa pun. Tidak ada kata dalam kosakata kami untuk agama.

Dia: Lalu apa yang kamu yakini?

I: Kami percaya pada konsep dharma. Dharma mengacu pada prinsip-prinsip yang menjunjung tinggi alam semesta dan karenanya berlaku untuk semua orang. Prinsip-prinsip itu sama untuk semua orang, terlepas dari agama atau keyakinan. Mereka ada apakah kita telah menemukannya atau tidak. Sebagai contoh, gravitasi ada sebelum Newton menemukannya.

Prinsip-prinsip tertinggi disebut sanatana, atau "abadi," karena mereka akan ada selamanya, bahkan jika kita melupakannya. Jadi sanatana-dharma mengacu pada prinsip-prinsip abadi yang menjunjung tinggi alam semesta.

Dia: Silakan lanjutkan dan jelaskan semuanya dengan jelas.

I: Soalnya, kita berdua percaya pada Tuhan. Maksud kami adalah Allah yang mahatahu, mahakuasa, mahakuasa. Tidak ada tempat di mana Tuhan tidak berada. Tuhan ada dalam segalanya. Dia meresapi setiap sel tubuh Anda dan saya. Dia hadir di setiap atom alam semesta. Jadi sifat segala sesuatu adalah ilahi. Anda dan saya sama-sama bagian dari Yang Ilahi.

Dia: Apa yang Anda katakan benar-benar masuk akal bagi saya.

I: Anda tahu, kita semua ilahi, tetapi masih ada perbedaan besar antara kita dan inkarnasi ilahi seperti Rama dan Krishna. Apa bedanya?

Dia: Saya tidak yakin.

I: Jawabannya cukup sederhana. Inkarnasi ilahi sangat besar, sehingga Mereka menyadari keilahian mereka setiap saat, sedangkan Anda dan saya kecil selamanya, jadi kami melupakan sifat ilahi kami. Kita menganggap diri kita sebagai tubuh material daripada sebagai bagian dari Yang Ilahi.

Kehidupan kita di bumi ini dimaksudkan untuk mengembangkan pengetahuan tentang sifat sejati kita dengan upaya sadar menuju kesempurnaan.

Dia: Apakah Anda percaya akan keselamatan?

Saya iya. Kita akan menyebutnya konsep nirwana, atau pembebasan dari siklus kelahiran, kematian, dan kelahiran kembali. Jiwa individu dilahirkan kembali dan lagi selama ribuan atau jutaan kehidupan sampai mencapai nirwana.

Dia: Jutaan masa hidup?

I: Teman saya, kita dapat memiliki nirwana instan dalam kehidupan ini jika kita dapat mengembangkan penguasaan atas diri kita sendiri. Tetapi untuk ini kita harus melepaskan semua keinginan kita dan melayani Tuhan Krishna tanpa harapan untuk kembali.

Dia: Anda telah memberi saya banyak hal untuk dipikirkan.
LihatTutupKomentar